Dari Apa Petir Itu ?

Ada berbagai macam asal mula petir dari zaman dahulu hingga zaman sekarang , yang cerita dahulunya hanyalah dianggap dongeng dan cerita pada zaman sekarang merupakan Ilmu Pengetahuan yang telah berkembang pesat.
Pertama menurut cerita dahulu pada saat pengetahuan belum cukup ,manusia juga belum mengerti apa yang menyebabkan terjadinya petir , manusia pada dahulu sangat heran dengan penyebab terjadinya petir , muncul cerita bahwa yang menyebabkan petir adalah dewa Thor , si dewa petir menurut cerita dewa Thor itu pemarah namun ia baik hati , ia memiliki senjata berupa palu yang menurut manusia dahulu itu merupakan senjata yang menyebabkan bunyi yang sangat keras dan cahaya kilat yang sangat besar.
Kedua menurut cerita sekarang yang kini pengetahuan sudah cukup baik , berkembang pesat dibanding dengan dahulu yang pengetahuan amatlah sedikit dan ini merupakan penyebab asli dari petir.Peneliti mengatakan bahwa awan badai yang mengandung butir air dan tiap butir air yang memiliki listrik awan badai memiliki listrik negatif dan ada pula yang positif.
Terjadinya petir karena muatan listrik pada awan badai selalu pada listrik positif mencari listrik negatif begitu juga sebaliknya, maka inilah penyebab sesungguhnya petir selama ini yang biasanya ada pada musim penghujan , karena biasanya petir bersamaan dengan hujan yang deras.
Penyebab suara petir adalah petir panas yang membuat udara menjadi panas menabrak udara dingin disekitarnya tabrakan inilah yang menyebabkan bunyi yang biasa disebut dengan guntur.Semakin panjang petir maka bunyi petir / Guntur juga akan semakin panjang.
Panjang petir juga dapat mencapai belasan kilometer , besar tegangan listrik yang disebabkan oleh satu kilatan kira-kira mencapai jutaaan volt yang berbeda jauh dengan tegangan listrik yang ada biasanya digungan dirumah 220 volt ,diperkirakan juga temperatur petir dapat mencapai puluhan ribu celcius,dan kecepatan dari sambaran petir dapat mencapai puluhan juta meter/detik.
By : Clicks' Blog
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Thanks for your comment
Welcome to Clicks Blog | Just a simple blog & share about anything | Like This!!! | or Follow Me!!! [mention for follback] | Thank You!!!